Pedoman BKD IHDN Denpasar 2017

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Repulik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen, menjelaskan bahwa dosen adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Tugas utama dosen tersebut adalah melaksanakan TriDharma Perguruan Tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks dan paling banyak 16 (enam belas) sks pada setiap semester, yang terdiri dari pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran, penelitian dan penulisan karya ilmiah, serta pengabdian pada masyarakat.

Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dirancang dalam penugasan yang komprehensif oleh para dosen Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, serta dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan.  Buku Pedoman Beban Kerja Dosen (BKD) Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar ini dimaksudkan untuk memberikan arah dan tatacara penetapan Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diharapkan pedoman ini dapat digunakan sebagai acuan oleh semua pihak yang terkait dengan  penyelenggaraan tugas penetapan beban kerja dosen dan sebagai evaluasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dengan diterbitkannya buku Pedoman Beban Kerja Dosen (BKD) IHDN Denpasar ini, maka mulai tahun 2015, seluruh dosen di lingkungan IHDN Denpasar agar melakukan penyesuaian penyusunan RBKD dan BKD masing-masing sesuai dengan buku pedoman ini. Saya menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Tim Penyusun dan pihak lain yang telah bekerja keras dalam mewujudkan pedoman ini.

Selanjutnya buku pedoman BKD IHDN Denpasar dapat diunduh dengan mengklik tautan dibawah ini:

BKD IHDN Denpasar 2017 Final

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *