Seputar Tunjangan Kinerja Dosen Kementerian Agama

Terbitnya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 154 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama sungguh merupakan kabar yang menggembirakan bagi seluruh dosen yang berada di bawah Kementerian Agama, pasalnya dosen akan menerima pembayaran tunjangan kinerja. Tunjangan bagi dosen secara lebih luas termaktub dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, yang menjadi bagian dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, seperti:

  • Memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.
  • Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja.
  • Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual.
  • Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi.
  • Memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan.
  • Memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi.
  • Memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas.
  • Memiliki kebebasan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan.
  • Memiliki kesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan.
  • Memperoleh kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi; dan/atau
  • Memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

Lebih lanjut dimuat bahwa penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum sebagaimana dimaksud meliputi gaji pokok, tunjangan yang melekat pada gaji, serta penghasilan lain berupa tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus, dan maslahat tambahan yang terkait dengan tugasnya sebagai dosenyang ditetapkan dengan prinsip penghargaan atas dasar profesi.

Menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 154 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama telah diterbitkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 29 Tahun 2016 tentang Pemberian, Penambahan, dan Pengurangan Tunjangan Kinerja Pegawai pada Kementerian Agama. Pada Bab VI Pasal 10 disebutkan : (4) Tunjangan kinerja bagi dosen dan guru pns yang belum bersertifikat pendidik dibayarkan sebesar 100 % (seratus persen) dari kelas jabatannya. Sedangkan pada poin (6) Tunjangan kinerja pegawai Kementerian Agama yang diangkat sebagai pejabat fungsional tertentu dan mendapatkan tunjangan profesi, dibayarkan sebesar selisih antara tunjangan kinerja kelas jabatannya dengan tunjangan profesi pada jenjangnya.

Nilai dan kelas jabatan sendiri ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2014 tentang Nilai dan Kelas Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Pada Kementerian Agama. Pada lampiran VI peraturan tersebut nilai dan kelas jabatan ditentukan sebagai berikut : Guru Besar (Nilai 3485, Kelas 15), Lektor Kepala (Nilai 2610, Kelas 13), Lektor (Nilai 1960, Kelas 11), dan Asisten Ahli (Nilai 1355, Kelas 9).

Hal lain yang menguatkan pencairan tunjangan kinerja bagi dosen pada Kementerian Agama adalah dengan turunnya Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor 15 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai pada Kementerian Agama, yang selanjutnya menjadi pedoman bagi pejabat Kementerian Agama dalam pengedministrasian pembayaran tunjangan kinerja pegawai.

Dosen dalam hal kepegawaian dimasukkan sebagai Jabatan Fungsional Tertentu sesuai dengan profil jabatan fungsional pegawai negeri sipil 2016 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jabatan Aparatur Sipil Negara Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian.

Selengkapnya mengenai peraturan-peraturan di atas dapat diunduh pada file dibawah

  1. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 154 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama
  2. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2014 tentang Nilai dan Kelas Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Pada Kementerian Agama
  3. Lampiran VI Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2014 tentang Nilai dan Kelas Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Pada Kementerian Agama
  4. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 29 Tahun 2016 tentang Pemberian, Penambahan, dan Pengurangan Tunjangan Kinerja Pegawai pada Kementerian Agama.
  5. profil jabatan fungsional pegawai negeri sipil 2016